Kamis, 11 Desember 2014

Exodus Gods and Kings : Pertarungan Antara Moses dan Ramses

Sumber Gambar
Exodus : Gods and Kings

Film ini merupakan salah satu film yang cukup menarik untuk ditonton, apalagi dengan dikomandani oleh Ridley Scott, semakin tinggi nilainya, sutradara and director favorite nie.... :D

Film Exodus ini sebenarnya terjemahan berbeda dari alur penafsiran Kisah Nabi Musa versi Kitab Suci Al-Qur'an, coz mungkin film ini hanya bersifat menghibur saja...

Setelah Film Noah dilarang untuk diputar dibioskop indonesia, film exodus ternyata dapat diputar di Bioskop2 tanah air, 

Rabu lalu sempat nonton film ini,

Kisah dalam film ini dimulai dari masa muda antara ramses dan moses di Istana Fira'un, keduanya merupakan sahabat. bahkan diawal cerita, ramses digambarkan memohon kepada moses untuk tidak menyelamatkannya dalam bentuk apapun. Keduanya bahkan mendapatkan pedang yang sama untuk terjun ke pertempuran yang sama pula.

Diawal film, kita telah disajikan dengan pertarungan antara pasukan fira'un melawan bangsa yang dianggap berbahaya, setelah menyelesaikan pertarungan Raja Fira'un meminta kepada Ramses Muda untuk menginpeksi gubernur wilayah, namun tugas tersebut tak kunjung diselesaikan oleh ramses, malah yang turun ke salah satu provinsi mesir tersebut adalah moses.

Setibanya Moses di Provinsi tersebut, ternyata dia menemukan orang-orang yang tau tentang siapa sebenarnya Moses tersebut, namun pada saat itu, moses berpandangan bahwa pandangan orang-orang tua itu merupakan khayalan atau imajinasi berlebihan.

Setelah menyelesaikan misinya, Moses kembali ke Istana. Raja Fira'un secara tidak langsung sangat mengharapkan agar moses dapat menjadi raja mesir, hanya saja moses bukanlah keturunan fira'un maka tahta raja di nobatkan kepada ramses.

Pasca pelantikan raja, ramses ternyata lebih percaya kepada gubernur provinsi yang menyatakan bahwa moses merupakan keturunan israel. Bahkan Ramses tak segan-segan untuk memotong tangan kakak moses yang saat itu bekerja di istana fira'un.

Moses tak tinggal diam, nalurinya membela rakyat kecil mengakibatkan Gesekan antara dirinya dan Ramses semakin tinggi, akibatnya, Moses dihukum oleh raja ramses. setelah menjalani hukuman sebagai tahanan, moses dibuang keluar mesir oleh Ramses.

Dalam masa pembuangan tersebut, moses menemukan petunjuk dari Tuhan, disitulah dia kembali lagi ke Mesir untuk melakukan perlawanan terhadap kesewenang-wenangan raja ramses. Satu persatu azab diturunkan ke mesir, sehingga pada akhirnya Ramses sendiri yang mengusir Moses dan pengikutnya bangsa Israel keluar dari mesir.

Dalam Perjalanan menuju Laut Merah, ternyata Ramses tak terima dengan azab yang diturunkan kepada bangsa mesir, akibatnya, saat dalam perjalanannya Moses malah diburu oleh raja ramses.

Walaupun memiliki akhir yang berbeda dari versi kitab suci, film ini hanyalah hiburan dari Hollywood di akhir tahun 2014. 

buat yang weekend minggu ini, tak salah untuk menempatkan film ini sebagai salah satu tayangan yang dapat ditonton bersama orang terkasih..  qiqiqiqii....