Minggu, 03 Januari 2016

10 Tips Menyusun Resolusi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Resolusi merupakan putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

Setiap pergantian tahun atau awal tahun baru, banyak diantara kita yang berdoa, berharap dan menyusun resolusi untuk 1 tahun berikutnya. Tak jarang resolusi ini berupa target, mimpi, keinginan, cita-cita dan yang lebih spesifik adalah program-program yang ingin di capai.

Resolusi Tahun Baru merupakan harapan yang diinginkan ditahun yang berjalan. Resolusi ini menjadi cambuk untuk dapat dan harus dilaksanakan. 

Seperti yang kutulis di pesbuk pada status pertama di tahun baru 2016 ini :


Menurutku resolusi merupakan sebuah target pencapaian, skala prioritas dan kalo didalam organisasi menjadi sebuah program kerja/kegiatan. Nah, untuk menyusun resolusi agar efektif dan dapat dilaksanakan maka diperlukan sebuah skema agar pencapaian target tersebut dapat terealisasi dengan baik.

Berikut ini 10 Tips Menyusun Resolusi Bagi Diri Sendiri.
  1. Buatlah keinginan sesuai dengan kemampuan, berkaca pada diri sendiri dan intropeksi apa-apa yang telah dilakukan setahun sebelumnya.
  2. Catat Resolusi yang ingin dicapai, dan jadikan sebagai bukti tertulis. Resolusi yang disimpan dalam pikiran bisa saja terlupa, tapi jika ditempel atau dipasang di dinding kamar, maka setiap hari akan membaca resolusi tersebut, biar ingat.
  3. Resolusi tidak perlu banyak, poin-poin besar dan utama saja, seperti Resolusi Pengen Kurus, maka program yang harus dilakukan adalah mengurangi porsi makan, berolahraga, dan lain-lain.
  4. Resolusi juga perlu di spesifikan, misalnya resolusi ingin mengakhiri masa lajang, tentu harus jelas, apakah ditahun ini mesti mencari pacar, taaruf, minta dijodohkan atau menggunakan jasa biro jodoh???
  5. Buatlah Resolusi dengan penjelasan dan target. Pengalamanku di organisasi mahasiswa dulu, setiap resolusi mesti jelas pencapaiannya, target 1 bulan, 2 bulan, atau 4 bulan. Jika belum mampu maka buatlah target pencapaian per tri wulan (evaluasi 3 bulanan)
  6. Resolusi dan Perilaku mesti linier atau sejalan. Misalnya Resolusi ingin mengurangi aktivitas keluar malam, maka yang harus dilakukan salah satunya adalah tidak membuat jadwal untuk keluar/kelayapan tiap malam. Mengurangi aktivitas ngumpul bersama teman-teman dan menjadwalkan pertemuan tersebut pada coffee morning di akhir pekan.
  7. Keberhasilan Resolusi ditentukan oleh niat dan usaha. Niat udah bulat, tapi usaha gak ada ya sama saja bohong. Resolusinya pengen berat badan turun 5 Kilo, tapi makan 4x sehari ya sama saja sia-sia itu resolusi.
  8. Memanjakan diri sendiri, Setelah resolusi 80% berhasil maka jangan segan-segan untuk memanjakan diri sendiri.
  9. Perbarui Resolusi anda secara berkala. Keberhasilan resolusi dibuktikan dengan pembaruan resolusi itu sendiri. 
  10. Resolusi tanpa evaluasi adalah sia-sia. Setiap Resolusi membutuhkan evaluasi. Dan Evaluasi atas Revolusi dilaksanakan di akhir tahun yang berjalan.
10 Tips menyusun resolusi diatas bukanlah panduan utama atau satu-satunya. Anda selaku Pembuat dan pelaksana dari resolusi tersebutlah yang harus mengambil keputusan sendiri. Jika ingin resolusi terlaksana maka siapkan diri dan action.

Tapi jangan khawatir, Jika resolusi tahun ini tidak berjalan dengan baik dan mencapai target yang diinginkan, maka saya mengutip sebuah pesan dari Presiden RI Ke 7 Bapak Joko Widodo, Lakukanlah REVOLUSI MENTAL...!!!

 Demikianlah artikel 10 Tips Menyusun Resolusi ini saya buat untuk kawan-kawan sekalian. Terima Kasih.